Sekdaprov Pastikan Investasi di Jatim Banyak Keuntungan

By Admin

nusakini.com--Suasana Provinsi Jawa Timur yang semakin kondusif menyebabkan iklim usaha yang ada sangat menjanjikan bagi para investor yang ingin melakukan investasi di dalamnya. 

Tawaran tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi MM saat melakukan wawancara dengan TV Tianjin terkait perkembangan kerjasama antara Jatim dengan Tianjin di ruang kerjanya di Jl. Pahlawan No 110 Surabaya, Jumat (13/7). 

“Saya pastikan jika anda investasi di Jatim pasti banyak untungnya karena iklim yang kondusif menjadi daya tarik bagi investor,” ujarnya. 

Sebagai pintu utama Indonesia bagian timur, Jatim merupakan wilayah yang memiliki stabilitas perekonomian dan keamanan yang senantiasa terjaga. Pemprov Jatim selalu mengundang investor dan memberikan empat jaminan berupa kemudahaan perijinan, penyelesaian masalah perburuhan, ketersediaan listrik dan fasilitasi penyediaan tanah. 

Berdasarkan, hasil riset dari The Asia Competitiveness Institute (ACI) of The Lee Kuan Yew Institute pada tahun 2017, Jatim menempati peringkat pertama kemudahan berbisnis (ease of doing business) di Indonesia 

Sekdaprov mengatakan, kerjasama antara Jatim dengan Tianjin secara resmi telah dimulai pada tahun 2003 melalui letter of intent pada bidang ekonomi, perdagangan dan iptek. 

Kerjasama lain, dilanjutkan pada tahun 2012 meliputi MoU bidang pertanian, perikanan, pariwisata, olahraga, seni dan budaya, pendidikan, transportasi dan pengembangan kota serta kesehatan. Sementara pada tahun 2015 dilakukan Technical Agreement bidang pendidikan kejuruan juga letter of intent bidang pendidikan kejuruan di tahun 2017. 

Menurutnya, kerjasama yang telah terjalin tersebut, menghasilkan kegiatan yang telah diimplementasikan, antara lain operasi transplantasi hati oleh tim dokter kedua provinsi, pertukaran pelatih dan atlet pada cabang olahraga, pelaksanaan seminar Trade, Tourism and Investment (TTI). 

Juga pendirian exchange center di Tianjin yang bertujuan untuk meningkatkan penetrasi produk unggulan Jatim ke pasar Tiongkok seperti kerajinan, furniture dan makanan olahan. "Kami juga terus mengembangkan pendidikan kejuruan khususnya sepeda motor listrik," ungkapnya. 

Ditambahkannya, banyaknya capaian yang telah diraih menunjukkan pentingnya kerjasama antara Jatim dan Tianjin. Dengan potensi yang dimiliki oleh masing masing pihak diharapkan hubungan kerjasama bisa terus ditingkatkan untuk kemanfaatan masyarakat di kedua wilayah. 

Turut mendampingi acara tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jatim, Kepala Biro Adm. Perekonomian dan Direktur Of Tianjin Exchange Center in East Java Jasper Ho.(p/ab)